pur07 vet

@Scangkir_sanger: teori vs orang yang menyepelekannya

In Profesi on 12 November 2011 at 5:54 am

ada sebuah pernyatan yang sangat terpaksa ku buat argumen ini, cuma sebuah argumen. silahkan jika emang ingin diperdebatkan. banyak yang bilang jadi dokter atau lebih tepatnya dokter hewan tak perlu menguasai teori, yang penting pengalaman dilapangan. menyuntik dan ib itu butuh keahlian, bukan cuma teori, atau teori itu cuma sekedarnya tapi kalau prakteknya semuanya beda. disini saya akan mencoba berargumen sedikit saja..

teori merupakan hal yang akan membekali setiap apa yang akan dikerjakan, karena teori ini tak akan didapat selain kita kuliah atau pelatihan. sedangkan klau praktek itu adalah aplikasi dari teori. ibaratnya teori adalah buku panduan dalam aplikasi. apa jadi aplikasi tanpa buku panduan? lebih sederhana lagi, bahkan bahasa pasarannya begini: dia bisa menyuntik vit, ketika dia ditanya kenapa mesti di beri vitamin? terus berapa bulan sekali diberi vitamin? nah lo, bukannya kita bisa menjawab ini dengan teori.

bangga emang klau kita bisa melakukan praktek tersebut tapi bukan berarti kita mengkesampingkan teori, hal itu dikarenakan kita orang terpelajar bukan terdidik. bedain orang terdidik dengan terpelajar lagi? simple y kayak gini: seekor gajah bisa diajarin angkat kaki, klau tidak dia akan dipukul. tiap hari hal itu diulangi lagi oleh sang pawang, hingga akhirnya sang gajah tahu cara angkat kaki karena dia takut dipukul oleh pawang, sedangkan kita adalah orang yang terpelajar. tiap orang, tanpa kuliah pun bisa menyuntik, ambl darah atau apalah, apabila diajri, atau dilatih. tapi tahu gak mereka knp berbuat kayak gtu?

mungkin ini yang menyebebabkan kampusku kalah pamor dgn unverstas lainnya, karena kampusku sangat lemah diteori. apa anda mau bilang orang dari kampusku kuat diteori? kita lihat, di salah satu industri perternakan terkenal, orang yang mengambil darah adalah anak2 dari unvrsitas lain. dari kita ngapain? gak usah d certakan aib sendri..

hal ini sebenarnya merupakn pilihan, pilihan yang sesuai dengan kemampuan hal dalam berpikir dan kemampuan dalam memasang muka di tembok.
sabang, salah satu keajaiban diindonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: